Rayap Aspal

Anda mungkin masih bingung membedakan mana yang termasuk rayap dan mana yang bukan. Ada beberapa binatang yang memiliki ciri seperti rayap tapi tidak semuanya merupakan rayap sungguhan. Ini sering disebut sebagai rayap aspal atau rayap asli tapi palsu karena masih banyak yang bingung apakah termasuk rayap sungguhan atau bukan. Simak penjelasan tim jasa anti rayap, berikut beberapa hewan yang sering disebut rayap asli tapi palsu adalah:

 

 

 

– Laron

Banyak yang masih bingung apakah Laron adalah rayap aspal, benar-benar rayap atau bukan. Secara tampilan luar, Laron terlihat lebih besar dan memiliki sayap. Laron juga akan mati beberapa jam setelah keluar dari sarang. Ternyata Laron ini adalah rayap asli, dan merupakan rayap yang sudah dewasa dan siap membentuk koloni baru. Laron bisa bertelur dan semakin bertambah banyak membentuk koloni rayap dalam jumlah besar.

– kumbang pengebor

Kumbang pengebor memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dari rayap biasa. Bentuknya juga berbeda dengan rayap pada umumnya. Namun, kumbang pengebor juga bisa merusak perabotan kayu dengan mengubahnya menjadi serbukan pasir. Hal ini membuat kumbang pengebor serong disebut sebagai rayap aspal atau rayap asli tapi palsu. Kumbang pengebor bukan termasuk dalam jenis rayap, karena kumbang ini bukan rayap. Mereka tidak hidup berkoloni seperti rayap meski sama-sama bisa merusak kayu.

– kumbang bubuk

Kumbang bubuk hampir sama seperti kumbang pengebor, disebut-sebut sebagai rayap aspal. Kumbang ini tidak seperti kumbang pengebor lainnya karena lebih mirip seperti rayap. Misalnya saja lubang yang dihasilkan jauh lebih kecil dan seperti lubang oleh rayap. Selain itu butiran kayu yang dibuat juga lebih halus dan menyerupai butiran kayu rayap. Tetapi sama seperti kumbang pengebor lainnya, kumbang bubuk bukan termasuk rayap.

– semut

Semut dan rayap sama-sama kecil dan bentuknya tidak begitu jelas. Apalagi rumah semut dan rumah rayap sama-sama berbentuk tabung lumpur. Ini yang membuat semut disebut sebagai rayap aspal. Padahal semut dan rayap sangat berbeda, karena rayap lebih merugikan dan merusak. Rayap bisa merusak lebih mudah dibandingkan dengan semut, selain itu warna rayap lebih muda dan bentuknya sedikit lebih pipih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *